Header Ads

Aternative Rangka Atap Rumah Baja Ringan / Galvalum

Aternative Rangka Atap Rumah Baja Ringan / Galvalum
Galvalum atau Galvanis dipakai guna membedakan jenis lapisan finishing atau coating pada baja ringan.
Galvanis sendiri istilah dari baja ringan yang diberi lapisan Zinc ( seng ).
 Untuk galvanis finishingnya terdiri dari: 98% unsur coatingnya adalah seng/zink dan 2% adalah unsur alumunium.
Galvalum juga merupakan sebutan untuk pelapisan yang mengandung unsur alumunium dan zinc , dipasaran lazim dengan sebutan Zincalume. Untuk Galvalum finishingnya terdiri dari: 55% unsur coatingnya adalah aluminium dan 43,5% adalah unsur seng/zink dan 1,5% unsur silikon.
Beberapa produsen dari galvalum mengklaim bahwa pada tebal pelapisan yang sama, Galvalum memiliki ketahanan terhadap karat yang lebih tinggi dibandingkan Galvanis.
Untuk menyamai kekuatan galvalum menahan karat , maka pelapisan pada galvanis dibuat lebih tebal. Seperti juga produk material lainnya, dipasaran beredar berbagai macam kelas material , Jika anda menggunakn galvalum untuk alternative atap rumah atau instansi perkantoran pilihlah baja ringan dengan mutu material prima yang sudah teruji dilapangan.


Kelebihan rangka atap baja ringan
  1. karena bobot baja ringan yang ringan maka dibandingkan kayu, beban yang harus ditanggung oleh struktur jadi lebih ringan. Dengan demikian struktur dapat lebih dihemat.
  2. baja ringan merupakan bahan yang tidak mudah terbakar dan bersifat tidak membesarkan api (non-combustile)
  3. konsumen tidak perlu khawatir masalah rayap sebab baja tidak mungkin dimakan rayap.
  4. karena sifat materialnya ringan dan mudah dirakit,bila dibandingkan rangka kayu pada luasan yang sama pemasangan kerangka atap baja ringan lebih cepat dari kayu.
  5. baja ringan nyaris tidak memiliki nilai susut.

Kekurangan rangka atap baja ringan
  1. kerangka atap baja ringan tidak bisa diekspos seperti rangka kayu sistem rangka kayu , sistem rangkanya yang rapat dan banyak bracing silang . maka kurang menarik bila tanpa penutup plafond.
  2. karena strukturnya yang seperti yang saling berhubungan maka bila ada salah satu bagian struktur yang salah hitung ia akan menyeret bagian lainnya.
  3. rangka atap baja ringan tidak sefleksibel kayu yang dapat dipotong dan dibentuk berbagai profil . Pada konstruksi atap yang berbentuk bundar akan lebih mudah bila konstruksinya menggunakan rangka kayu.

Tinggalkan Komentar Di Artikel Aternative Rangka Atap Rumah Baja Ringan / Galvalum :

Powered by Blogger.