Header Ads

Loster Semen [ Roster Semen Bintang 8 , 25 x 25]

Loster Semen [ Roster Semen Bintang 8 , 25 x 25]
Loster atau sebagian orang menyebutnya kerawangan, adalah bahan partisi bangunan yang sejenis dengan batako, akan tetapi memiliki ventilasi sehingga udara bisa mengalir melalui lubang-lubangnya. Oleh sebab itu Loster pada umumnya dipakai sebagai elemen ventilasi/penghawaan pada bangunan rumah, gudang, kantor dan sebagainya. Pada umumnya Loster yang ada di pasaran dibuat dari bahan tanah liat atau campuran pasir semen ataupun dari bahan kayu baik kayu jati maupun kamper dan sebagainya. Selain itu juga ada Loster yang dibuat dari batu alam yang diukir menjadi motif-motif tertentu, maupun dari bahan logam besi atau kuningan. bahkan saat ini sudah ada Loster yang dibuat dari bahan GRC (Glassfibre Reinforced Cement).
Selain sebagai ventilasi, Loster juga dipakai sebagai partisi yang mampu menambah nilai keindahan sebuah bangunan, misalnya saja elemen Loster bertema islami yang sering kita lihat di bangunan masjid, ataupun partisi dari roster bermotif bunga di taman-taman yang berfungsi selain sebagai partisi juga supaya agar aliran udara tidak terhalangi oleh partisi berupa sekat tembok masif. Bahkan ukiran gebyok nan antik dari bahan kayu jati yang merupakan khasanah arsitektur jawa tengah juga memiliki ukiran-ukiran tembus yang sebenarnya adalah elemen ventilasi atau bisa dikata sebagai roster-nya partisi gebyok itu sendiri.
Sekalipun sebenarnya Loster sudah ada sejak dulu, keberadaannya tetap tak tergantikan dalam bangunan mulai dari gaya mediterania, tropis hingga tren minimalis saat ini.

Tinggalkan Komentar Di Artikel Loster Semen [ Roster Semen Bintang 8 , 25 x 25] :

Powered by Blogger.